Sedang Hadapi Masalah Berat? Bacalah 5 Ayat Ini, Insya Allah Segera Dapat Jalan Keluar

loading...
loading...

Perpersoalan@n yang ber@t dalam menjalan! hidup kerap sekal! melemahk@n daya juang dalam jiw@ dan raga seseor@ng. Tentunya setiap insan yang ada di dunia mempunyai cita-cita yang tinggi bukan?

Dimana setiap cita-cita alias cita-cita tersebut diraih dengan beberapa perjuangan yang penuh dengan rintangan. Sayangnya, Tidak semua orang yang siap dan mampu melalui beberapa macam rintangan tersebut. Dan pada akhirnya beres dengan kegagalan dan rasa putus asa.

Hal yang seperti ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, dan jangan rutin beranggapan bahwa itu semua adalah takdir semata. Padahal di setiap perpersoalanan yang begitu berat untuk dipikul, maka di situlah kamu bakal memperoleh hasil yang paling baik.

Tidak hanya itu saja, bahkan di dalam ayat suci Al-Qur’an, Allah SWT dengan begitu jelas telah memberbagi motivasi yang lumayan menarik bagi setiap insan, yang mana sedang dilanda perpersoalanan berat di tengah perjuangan yang sedang mereka hadapi. Maka dari itu, ingatlah pada setiap makna dalam ayat-ayat Al-Qur’an tersebut sebagai landasan di mana letak dan ukuran beratnya sebuahperpersoalanan itu sendiri.

Dengan begitu, nantinya daya perjuangan dalam jiwa dan raga dapat masih termotivasi, Jadi pada akhirnya dapat meraih apa yang telah diimpikan selagi ini. Inilah 5 ayat dalam Al-Quran yang dapat kamu simak, dan patut kamu jadikan motivator apabila sedang menghadapi perpersoalanan berat dalam hidup anda.

Sehingga dari situ kamu dapat mengingatnya, Dan pikiran positif bakal tumbuh dalam diri anda, dan rasa semangat masih mengitari di tengah-tengah perjuangan yang sedang Kamu hadapi.

1. Rutin Takwa dan Tawakal Pada Sang Ilahi
Rutin bertakwa dan bertawakal terhadap Allah ketika menghadapi persoalan berat, terbukti dapat menjadi penenang hati yang gundah gelisah dan rasa putus asa. Jadi dari situ kamu dapat meperbuat kedua adab mulia ini, guna memupuk rasa juang yang kuat untuk menghadapi semua perpersoalanan yang ada.

وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا () وَيَرْزُقْهُ مِنْ حيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ مَن يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ شَيْءٍ قَدْرًا
“… bar@ng siap@ bertakwa terhad@p Allah, maka Diriny@ (Allah) bak@l menjadik@n jalan kelu@r baginya, dan memberiny@ rizk! dari jal@n yang tidak ia sangk@. D@n barang siap@ yang bertawak@l terhadap Allah mak@ cukupl@h Allah baginy@, Sesungguhny@ Allah melaksanak@n kehendak-Ny@, Diriny@ (Allah) tel@h menjadik@n ketentu@n bagi tiap-tiap sesu@tu” (QS. Ath-Thal@q : 2-3)

2. Rutin Ada Kemudahan Di Balik Kesusahan Yang Ada
Untuk menghadapi semua perpersoalanan yang ada, hendaknya kamu dapat menghapus rasa putus asa dalam menghadapi perpersoalanan tersebut. Dimana setiap masa susah yang menimpa anda, maka di situ tentu ada solusi dan kemudahan yang bakal menghampiri apabila kamu rutin mempunyai kiat untuk berusaha.

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا () إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
“Maka sesungguhnya bersama kesusahan itu ada kemudahan, Sesungguhnya bersama kesusahan itu ada kemudahan” (QS. Al-Insyirah (94): 5-6)

Dimana apabila kami rutin menghindari kesusahan, maka tidak bakal memperoleh kemudahan. Dan apabila menimpakan kesusahan alias persoalan tersebut terhadap orang lain, maka kemudahan itu bakal didapat oleh orang lain tersebut.

Nah, dari situ tentu kamu tidak ingin bukan..?, bahwa kemudahan yang sebetulnya itu milik anda, dimiliki oleh orang lain. Maka dari itu, hadapi semua perpersoalanan yang ada dengan berpikir positif, meskipun perpersoalanan tersebut berat rasanya bagi anda. Dan masih yakinlah, Bahwa rutin ada kemudahan di balik masa susah tersebut.

3. Yakinlah Bahwa Kamu Tentu Mampu Menghadapinya
Semua perpersoalanan yang ada terbukti telah diukur dan disesuaikan dengan performa seseorang dalam menghadapi perpersoalanan tersebut. Jadi tanamkanlah dalam benak pikiran dan hati kamu supaya rutin berpikir positif, dan yakin bahwa kamu dapat menghadapinya.

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا
“Allah tidak memberatkan seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya …” (QS. Al-Baqarah : 286)

Sungguh maha besar Allah dengan segala firman-Nya. Perpersoalanan terbukti datang dengan kadar ukuran yang tidak sama ketika menimpa diri setiap insan.

Akan namun, kamu pun tidak butuh cemas dan khawatir, sebab semua perpersoalanan yang datang menghampiri anda, terbukti telah disesuaikan dengan kadar performa yang kamu miliki.

Dimana selagi proses berjuang untuk menuju cita-cita, hendaknya kamu dapat rutin menyalakan pikiran positif dalam menangani semua perpersoalanan yang ada, meskipun itu berat bagi Anda. Alhasil, Kamu pun dapat masih yakin dan optimis bahwa kamu dapat menghadapi perpersoalanan tersebut.

4. Ada Hikmah Di Balik SebuahFaktor Yang Tidak Disukai
Ketika menghadapi sesuatu faktor yang tidak disukai, maka biasanya bakal muncul rasa sedih, benci, marah, sedih, yang pada akhirnya bakal memunculkan rasa putus asa. Padahal apabila diperhatikan, bahwa ada hikmah dan kebaikan di balik sebuahyang tidak disukai tersebut.

وَعَسَىٰ أَن تَكْرَهُوا شَيْئًا وََيْرٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰ أَن تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ ْ ۗ وَاللَّهُ يَعْ وَأَنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ
“… boleh jadi kamu membenci sesuatu namun ia baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu namun ia kurang baik bagimu, dan Allah mengenal dan kamu tidak mengenal“ (QS. Al-Baqarah : 216)

Umpama, apabila kami tidak diterima kerja di sebuah perusahaan, maka terkadang rasa sedih, benci, bingung, dan sejenisnya, bakal kerap terlontar dalam benak pikiran dan hati. Padahal dapat jadi faktor tersebut adalah yang paling baik bagi diri Anda.

Dan apabila Kamu seandainya diterima kerja di perusahaan tersebut ada faktor kurang baik yang terjadi pada diri kamu saat itu. Oleh sebab itu, janganlah putus asa dan rutin berbaiklah sangka dengan semua yang kamu alami, dan semakin semangat untuk berusaha mencari yang paling baik.

5. Kamu Pun Dapat Berubah Untuk Menjadikan Diri Lebih Baik
Apabila rutin mengeluh mengenai diri kamu yang tidak lebih mempunyai hidup seperti yang dimiliki oleh orang lain, maka itu tidak dibenarkan. Dan intinya, Bahwa kamu pun dapat berubah untuk menjadi lebih baik apabilalau kamu mau berusaha untuk berubah.

… إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنفُسِهِمْ
“… sesungguhnya Allah tidak bakal merubah hidup sebuahkaum, sampai mereka merubah diri mereka sendiri …” (QS Ar-Ra’d : 11)

Oleh sebab itu selagi rasa semangat dan usaha dalam diri ini semakin ditumbuhkan, maka semua persoalan tersebut dapat ditemukan sebuah solusi yang cocok dalam menghadapinya. Dan setidaknya kamu juga dapat berusaha untuk meperbuat segala sesuatunya dengan sebaik mungkin.

Dengan bertawakal dan bertakwa terhadap Allah SWT, Maka ketika menghadapi perpersoalanan berat, Allah bakal melapangkan jalan keluar dan datangnya rizki yang tidak disangka. Terbukti faktor demikian adalah solusi yang tidak tertandingi, dan butuh untuk rutin diterapkan dalam menjalani hidup sehari-hari. [Radarislam/ Am
loading...
Loading...
loading...
close