Inilah Dabbah, Binatang Pembawa Tanda Datangnya Kiamat

loading...
loading...

Subhanallah beginilah Wujud Binatang Pembawa Pesan Kiamat >> Salah satu perkara yang wajib diimani oleh setiap muslim adalah iman terhadap hari kiamat. Hari kiamat adalah hari beresnya kenasiban dunia semesta ini dan mulainya kenasiban akherat kelak.

Sesungguhnya keyakinan terhadap hari kiamat, tidak saja diyaniki oleh umat Islam, melainkan juga adalah keyakinan bagi agama-agama lain. Sebab semua agama menyakini mengenai adanya pembalasan jadi diperlukan adanya kenasiban seusai kematian.

Dalam Islam sendiri tidak sedikit ayat-ayat al-Quran dan hadis yang menerangkan mengenai hari kiamat. Mesikipun ayat dan hadis tersebut tidak mengadukan mengenai kapan waktu terjadinya kiamat. Rasulullah saw dalam hadisnya hanya memberbagi tanda-tanda mengenai kapan hari kiamat datang. Salah satu tanda yang sangat umum dan sangat dekat terjadinya kiamat adalah terbitnya matahari dari barat.

Disamping itu, disamping tanda-tanda tersebut di atas, Tuan Rasulullah saw. dalam hadisnya menyatakan ketika bakal datang hari kiamat, maka bakal timbul binatang melata yang sangat aneh yang keluar dari perut bumi dan bisa berbicara, binatang tersebut dinamakan Dabbah.

Binatang ini bernama Dabbah dan sudah berulang kali disebut oleh Rasulullah SAW sebagai salah satu tanda sudah dekatnya kiamat. Bahkan Allah SWT berfirman dalam Al-Quran yang menyebut binatang ini :

“Apabil perkataa suda jatu ata merek, Kam keluarka seeko dabba (binatang) dar bum yan baka berkat terhada merek, bahw sesungguhny manusi dahul tida yaki terhada ayat-aya Kam.” (An-Naml: 82)

Baginda Nabi Muhammad saw menyebut bahwa binatang Dabbah ini adalah adalah binatang yang bakal mengingatkan Umat Islam untuk rutin bertaubat. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, bahwa Rasul menyebutkn ada tiga perkara yang apabila ketiganya keluar maka semua manusia bakal bertaubat dan disaat itu pula amal ibadah manusia tiada gunanya. Ketiga faktor tersebut adalah terbitnya matahari dari arah barat, Dajjal dan Dabbah.

“Ada tiga perkara yang apabila keluar maka tidak bakal berkegunaaan lagi keimanan orang yang belum beriman sebelumnya; alias belum mengusahakan kebaikan yang diperbuat dalam keimannya. Ketig perkar itu adala: terbitny matahar dari bara, Dajja dan binatan bum.” (HR. Muslim)

Dalam hadis lain dinyatakan bahwa tanda-tanda (Kiamat) yang pertama kali timbul adalah terbitnya matahari dari barat dan keluarnya binatang terhadap manusia pada waktu Dhuha.

Belia pun bersabd : “Bersegerala kalia berama (sebelum datangnya) enam perkar… (belia menyataka di antarany) dabbah.” (HR. Muslim).

Dikatakan bahwa nanti apabila binatang yang bernama dabbah ini sudah keluar, maka bakal berkata terhadap manusia dan bakal mengadukan bahwa manusia dahulu tidak yakin terhadap ayat-ayat Allah. Ia pun bakal memberbagi tanda pembeda antara orang beriman dengan orang kafir. Bagi orang yang beriman bakal mempunyai wajah bercahaya sementara bagi orang kafir bakal diberi tanda yang diberbagi pada tahap hidung sebagai tanda kekufurannya.

“Binatan bum itu kelua maka ia member cap terhada manusi di waja merek. Kemudia jumla merek meningka jadi seseoran membeli onta diriny ditany, ‘Dari siapa kalian membeli onta itu?’ Dirinya menjawab, Dari salah seorang yang dicap wajahnya..” (HR. Ahmad,)

Dalam suatu hadis dikatakan bahwa dabbah bakal keluar dari masjid yang paling besar, tatkala mereka (sedang duduk-duduk tiba-tiba bumi bergetar) ketika mereka sedang demikian tiba-tiba bumi terbelah.(hadis)

Para Ulama terjadi perbedaan pendapat mengenai Dabbah ini. Dabbah dengan cara bahasa mempunyai makna fauna yang berlangsung alias melata di atas bumi. Sementara berbagai ulama yang lain berkata bahwa Dabbah adalah anak unta yang disapih dari unta Nabi Shalih.

Hal ini berdasarkan hadits bahwa Rasulullah saw menyebut mengenai dabbah, (lalu beliau membicarakan hadits, di dalamnya ada ungkapan)

“Merek tida menggembalakanny, melainka ia hanya bersuar di antar rukun dan maqa (rukun Yamani dan Maqam Ibrahim).”

Ada juga dalam suatu penjelasan bahwa makhluk dabbah adalah ular yang mengawasi dinding Ka’bah, yang disambar oleh elang ketika orang-orang Quraisy hendak membangun Ka’bah. Bahkan ada yang menyatakan bahwa dabbah adalah manusia yang bakal berbicara, mendebat dan membantah terhadap pakar bid’ah supaya meninggalkannya.

Baca artile :
4 Golongan yang Terbebas dari Pertanyaan Malaikat di Kubur
Inilah Wajah-wajah yang bakal Bercahaya di Hari Kiamat
Inilah Rupa Mayat di Dalam Kubur Sesuai Amal di Dunia

Terlepas dari semua itu, bahwa makhluk dabbah adalah kemunculan makhluk dabbah adalah adalah tanda bahwa hari kiamat sudah dekat datangnya. Semoga memberbagi kegunaaan terhadap kami aminn
loading...
Loading...
loading...
close