Ingin Rumah Tangga Terhindar Dari Perceraian, Seringlah Lakukan 4 Hal Ini

loading...
loading...

Salah seorang teman menanyakan terhadap saya untuk share resep supaya pernikahan kami sakinah, mawadah, warahmah serta terhindar dari yang namanya Perceraian.

Saya jawab : “TERBUKA“
Teman saya itupun terbengong, sembari mengatakan “maksud loe?”
“Ya Terbuka dengan pasangan kami dalam beberapa hal, Insya Allah pernikahan kami terus Sakinah, Mawadah, Warahmah serta terhindar dari yang namanya hantu perceraian”.

Masih belum puas dengan jawabanku tersebut, teman saya kemudian meminta saya untuk menguraikan lebih rinci TERBUKA bagaimana yang dimaksud.

Ada 4 faktor yang menurut saya wajib TERBUKA dalam suatu rumah tangga:
1. Terbuka Latar Belakang Keluarga Kita
2. Terbuka hal-hal yang kami sukai serta yang kami benci.
3. Terbuka mengenai Keuangan
4. Terbuka semua perpersoalanan yang sedang dihadapi

Mari saya bahas satu-satu:

1. Tebuka Latar Belakang Keluarga Kita
Tidak sedikit suasana tentram keluarga terganggu dampak pasangan kami merasa dibohongi mengenai kondisi keluarga kita. Keluarga disini adalah keluarga besar yang mencakup ayah,ibu, adik alias kakak kita.

Ada tak sedikit pertanyaan yang terkadang menjadi awal suatu pertengkaran ketika pasangan kami merasa kaget mengenal kondisi keluarga pasanganya seusai menikah serta itu berasal dari orang lain.
Terbukalah, jangan ditutup-tutupi kondisi keluarga kita.

Misal : apabila ayah
dan bunda kami bercerai, ceritakan saja kondisi sebetulnya, tanpa wajib berbohong.

2. Terbuka hal-hal yang kami sukai serta yang kami benci.
Sesuatu yang sangat berpotensi memunculkan keributan dalam suatu rumah tangga adalah soal hoby maunpun sesuatu yang dibenci.

Bisa sehingga faktor yang kami sukai adalah faktor yang dibenci oleh pasangan kami alias sebaliknya. Betapa baiknya mengkomunikasikan sejak awal penikahan. Alias dapat disampaikan ketika proses Ta’aruf.

Seusai memberi tauya, barulah kemudian mencari solusinya.
Misal : seorang suami kalau tidur biasa lampu terang, sedangkan istri kalau tidur biasa lampu mati. Faktor yang sangat sepele ini bila tak dibahas solusi kongkritnya bakal berbuah panjang menjadi potensi konflik dalam rumah tangga.

3. Terbuka mengenai Keuangan
Untuk persoalan Keuangan, saya rutin menegaskan bahwa sejak akad nikah diucapkan maka telah tak ada lagi yang namanya rahasia mengenai keuangan diantara pasangan. Pastikan kami mengenal harta alias uang yang dimiliki pasangan kami serta mengenal pos-pos pengeluaran apa saja yang dikeluarkan.

Hal yang saya perbuat sejak menikah adalah saling mengenal nomor PIN rekening pasangan, baik itu ATM ataupun internet banking. Dari sini pasangan dapat memeriksa kondisi keuangan pasanganya dengan menonton saldo rekening pasangan kita.

Bila ada pengeluaran yang dirasa absurd, komunikasikanlah dengan pasangan kami serta tanpa ragu untuk membahasya.
Sala satu sumbe konfli rumah tangga biasany sang suami mengirimka uang terhada orang tuany tanpa sepengetahua istri alia sebalikny.

4. Terbuka semua perpersoalanan yang sedang dihadapi
Menikah itu indah serta penuh bunga, itulah yang dirasakan oleh pasangan yang baru saja menikah. Tetapi lambat laun tentu bakal dijumpai beragam perpersoalanan, perpersoalan dalam suatu rumah tangga adalah suatu keniscayaan.

Permsalahan bakal menjadi persoalan besar apabila dirahasiakan, maka terbukalah dengan pasangan kami sekecil apapun perpersoalanan yang dihadapi. Komunikasikanla dan yakinkan kalau pasanga kami adalah orang pertama yang menjad tempa curaha hati kami serta mintala solusiny. Jangan hingga ada persoalan, pasangan kami tak tau serta ketika pasangan tau berasal dari orang lain.

Itulah 4 point yang menurut saya faktor paling penting dalam membina rumah tangga supaya terus Sakinah, Mawadah, Warohmah serta terhindar dari suatu perceraian. Tak sedikit rumah tangga yang gagal alias penuh dengan pertengkaran bermula dari mampetnya komunikasi antar pasangan yakni saling merahasiakan apa yang dimiliki alias dialami.

Wallahu’alam.

Sumber : islamedia.id
loading...
Loading...
loading...
close