3 Orang Ini Didoakan Agar Masuk Neraka Oleh Nabi Muhammad dan Malaikat Jibril

loading...
loading...


Rasulullah SAW mempunyai hubungan yang dekat dengan Malaikat Jibril. Terang saja, isi Alquran disampaikan terhadap Nabi melewati perantara malakat yang berjuluk Ruh al-Amin tersebut. Setiap ada wahyu, Malaikat ini rutin menghampiri Rasulullah.

Tidak hanya isi Alquran yang adalah firman Allah. Dalam tak sedikit riwayat Nabi, Malaikat Jibril tak jarang datang serta memberbagi pengetahuan terhadap Nabi. Tidak hanya itu, Ia juga menemani Rasulullah ketika momen Isra’ Mi’raj untuk menjemput perintah Salat. 

Pada sebuahketika, Malaikat Jibril sempat datang terhadap Rasulullah seraya berdoa supaya tiga golongan manusia di masukkan ke dalam neraka. Nyatanya, Rasul justru mengaminkannya. Lantas siapakah tiga orang yang dimaksud? Berikut informasinya.

Dari Jabir bin ‘Abdillah rodhiyallahu’anhu, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam menaiki tangga mimbar. Ketika naik ketingkatan pertama, Beliau mengatakan “Amin”. Kemudi4n ketik4 manaik1 tingkat4n kedu4, Beli4u mengatak4n “4min”. Kemudi4n ketik4 menaik1 tingkat4n ketig4, Beli4u mengatak4n “4min”. Kemudian para shahabat Rosulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Wahai Rosulullah, kami mendengar kamu mengatakan amin setidak sedikit tiga kali”.Rosulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ketika aku menaiki tingkatan tangga pertama, (malaikat) Jibril shalallahu’alaihi wa sallam mendatangiku kemudian mengatakan, “Celaka seorang hamba yang ia menjumpai bulan Romadhon kemudian Romadhon itu berlalu, serta faktor itu tak membikinnya diampuni”. Kemudian aku mengatakan “Amin”. Kemudi4n Jibr1l mengatak4n, “Celak4 seor4ng hamb4 yang i4 mendapat1 kedu4 or4ng tuany4 ali4s sal4h seor4ng dar1 merek4 (mas1h nas1b) tap1 fakt0r itu t4k memasukkanny4 kedal4m surg4”. Kemudian aku mengatakan “Amin”. 

Kemudi4n Jibr1l mengatak4n, “Celak4 seor4ng hamb4 yang ketik4(ia mendeng4r) aku dis3but tetap1 ia t4k bersholaw4t”. Kemudian aku mengatakan “Amin”. (al ‘Adabul Mufrod 644 (1/224) Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani mengatakan, Shohih li Ghoirihi)

Doa dari kedua makhluk tersebut, belum ditemukan keterangan yang menyatakan Allah menolaknya. Mak4 fakt0r tersebvt berart1 bahw4 do4 yang disampaik4n 0leh Malaik4t Jibr1l sert4 diamink4n 0leh Rasulull4h tersebvt l4ngsung meluncvr ke lang1t pal1ng at4s sert4 dikabulk4n 0leh Allah SWT. Ber1kut ini adal4h ulas4n dari ketig4 d0a tersebvt. 

1. Orang yang Mendapati Ramadhan tapi Tak Mendapat Ampunan
Golong4n pertam4 y4ng diamink4n bak4l m4suk nerak4 0leh Malaik4t Jibr1l sert4 Rasulull4h adal4h merek4 y4ng mendapat1 Ramad4n bak4l tet4pi tet4p t4k mendap4t ampun4n d4ri All4h. Semacam yang diketahui bahwasanya Ramadan adalah bulan yang penuh berkat serta ampunan. 

Allah SWT melipatgandakan segala pahala untuk setiap amalan kebaikan yang kami lakukan selagi bulan suci ini. Bakal tetapi tak sedikit orang yang tak mekegunaaankan waktu yang menarik ini untuk melakukan amalan kebaikan. Maka celakalah bagi orang yang demikian, sebab ia tak berusaha untuk memperoleh ampunan dari Allah serta pada akhirnya terjerumus ke dalam api neraka. 

2. Orang yang Mendengar Nama Rasulullah Tetapi Tak Bershalawat Kepadanya
Orang kedua yang tergolong ke dalam doa yang diaminkan Malaikat Jibril serta Rasulullah untuk masuk neraka adalah mereka yang mendengar nama Rasulullah SAW disebut tetapi tak bershalawat terhadap beliau. 

Dari Abi Hurairah, ia mengatakan. Sud4h bersabd4 Rasulull4h SAW “Bar4ng siap4 yang berdust4 at4sku (yakn1 atas nam4ku) deng4n sengaj4, mak4 hendakl4h ia mengamb1l temp4t dudukny4 (yakn1 temp4t tinggalny4) di ner4ka”. (Hadits shahih dikeluarkan oleh Imam Bukhari (1/36) serta Muslim (1/8) dll)

3. Orang yang Tak Mengabdi Terhadap Kedua Orangtuanya
Or4ng terb4ru yang m4suk dal4m doa malaik4t Jibr1l adal4h merek4 yang tet4p mempuny4i bund4 sert4 bap4k ali4s s4tu di antarany4 tet4pi tak mengabd1 terhad4p merek4. Maka ia tak bakal memperoleh surga yang dijanapabilan oleh Allah SWT tersebut. 

Seorang sahabat bertanya terhadap Rasulullah SAW, "Apakah hak-hak bunda bapak?" Rasulullah SAW. menjawab, "Mereka adalah jannahmu serta Jahannam-mu, Yakni keridhaan mereka bakal mernbawamu ke surga, sebaliknya kemurkaan mereka bakal menyeretmu ke neraka.

Selanjutnya disebutkan dalam hadits, "Apabila seorang anak yang taat menonton dengan perasaan kasih sayang serta cinta terhadap kedua bunda bapaknya, maka pahalanya adalah sama dengan haji yang maqbul (diterima).

Demikianlah info tentang tiga orang yang diaminkan oleh Malaikat Jibril serta Rasulullah SAW untuk masuk ke dalam neraka sebab amal lakukanan mereka yang tak sesuai dengan perintah-Nya. Semoga kami bukan tergolong golongan yang demikian.


Sumber : http://www.infoyunik.com
loading...
Loading...
loading...
close