Anak yang Diajak Bicara Ibunya Dengan Cara Ini, Ternyata Bisa Punya IQ Lebih Tinggi

loading...
loading...

Banyak hal yang dapat Mama lakukan untuk meningkatkan IQ anak, salah satunya adalah dengan sering-sering mengajaknya berkomunikasi. Berbagai penelitian telah mengungkapkan kecerdasan seorang anak dipengaruhi dengan bagaimana cara ibu berinteraksi dengan anak.

Mengapa hal tersebut itu terjadi? Berbagai penelitian telah membuktikannya lo, Mam. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam  Meaningful Differences in the Everyday Experience of Young American Children mengungkapkan, bayi yang memiliki keluarga banyak berbicara memiliki IQ lebih tinggi. Penelitian ini melihat tingkat IQ anak usia 3 tahun yang punya keluarga cerewet punya IQ lebih tinggi dari anak usia 9 tahun dari keluarga yang kurang bicara.
Sementara penelitian lain menunjukkan bahwa anak yang jarang diajak berbicara sejak bayi akan memiliki kemampuan yang kurang dalam berbahasa. Bahkan, ada kemungkinan terjadinya perkembangan bahasa yang lambat hingga 6 bulan. Tidak hanya bicara, bernyanyi dan membaca juga akan membangun struktur otak lebih baik. Hal  ini akan membuat anak memiliki kemampuan membaca dan keterampilan berpikir yang lebih kuat.

Selain manfaat untuk perkembangan otak, senang berbicara dengan bayi akan menguatkan ikatan antara Mama dan si kecil. Mereka akan memahami perbedaan suara Mama dan orang lain. Selain itu, anak bisa memiliki kemampuan emosional yang positif. Mereka jadi percaya diri akan harga diri mereka. Selain itu, bayi yang selalu diperhatikan akan punya kemampuan sosial yang baik.

Anak yang lebih banyak mendengarkan kata-kata juga akan memiliki kemampuan untuk lebih cepat bicara. Selain cepat bicara, anak juga cenderung menjadi senang membuka diri kepada Mama. Bahasa memungkinkan anak untuk mengungkapkan bagaimana perasaan yang ia rasakan. Sehingga, si kecil tidak hanya cerdas dalam bahasa tetapi juga secara emosional.

Siapa sangka kebiasaan sederhana dengan mengajak bayi berbicara bisa menjadi cara meningkatkan IQ. Cobalah meluangkan waktu berkomunikasi dengan bayi. Mama juga akan merasakan bahwa bayi akan memberikan respons yang menyenangkan dan membuat hari-hari Mama semakin indah bersama si kecil.
loading...
Loading...
loading...
close